08:40 am - Friday 18 April 2014

Pesona Pantai Sepanjang, Gunung Kidul

By admin - Fri Jul 23, 1:47 pm

Gunung Kidul merupakan kabupaten yang letaknya paling jauh dari pusat kota Yogyakarta, serta merupakan wilayah yang tandus karena didominasi oleh pegunungan kapur, atau yang lebih trennya di sebut Karst. Namun ternyata di balik keterbelakangannya Gunung Kidul mempunyai pesona yang sangat indah pada wisata pantainya, salah satu contohnya adalah Pantai Sepanjang.

keindahaan pantai kidul

Sesuai namanya pantai ini memanjang dengan hamparan pasir putihnya yang bersih disertai gulungan ombak yang cukup besar dan air lautnya yang berwarna biru jernih. Secara administratif Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari sekitar 1,5 km di sebelah timur Pantai Baron.

Pantai Sepanjang bukan merupakan wilayah reklamasi sehingga kenampakannya masih alami, pesisir pantainya tidak begitu luas dan relatif landai. Namun karena memiliki banyak pesona yang menjadi kelebihan dibandingkan pantai lain yang ada pada kompleks Pantai Baron, maka pantai ini sedang dalam perencanaan pemerintah daerah untuk dikembangkan.

Kelebihan yang terdapat pada Pantai Sepanjang ini diantaranya adalah terdapatnya pemandangan bukit-bukit kapur yang terabrasi menjadi tebing karena terkena ombak. Abrasi dari tebing yang berupa batuan kapur menghasilkan pasir putih murni pada pantai tanpa adanya campuran dari sedimentasi, hal ini dikarenakan tidak terdapatnya satupun muara sungai yang mengarah ke pantai ini, sehingga tidak ada material apapun yang terbawa dan terendapkan di pantai.

Di sepanjang pantai terpadat berbagai macam hewan laut yang melimpah diantaranya bintang laut, siput laut, bulu babi atau yang biasa di sebut landak laut, kepiting, udang,dan ikan. Vegetasi yang terdapat pada pesisir pantai adalah sejenis tanaman pandan berduri khas pantai, sedangkan pada lahan kapurnya terdapat pohon akasia, mahoni, jati, dan tanaman pertanian seperti jagung, ketela, kacang tanah, serta jarak.

Berkunjung ke pantai ini saat bulan baru akan jauh lebih indah, karena pada saat bulan baru laut dalam keadaan surut, sebaliknya saat bulan purnama air laut sedang pasang sehingga pesisir pantainya akan semakin sempit. Kita dapat berjalan menyusuri pantai atau ke puncak bukit kapurnya yang menyuguhkan panorama indah, akan tetapi jangan coba-coba untuk mandi di laut karena arusnya cukup deras, apalagi ditambah dengan kontur pasir putihnya yang cukup landai agak terjal antara 10-40 derajat.

sumber : citizennews.suaramerdeka.com

Leave a Reply


4 + two =